Wednesday, May 23, 2018

Tips Merebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk dan Hancur

Ramadhan biasanya momen di mana hidangan spesial sering disajikan. Untuk menu buka, tak lupa makanan yang manis dan menyegarkan setelah satu hari menahan dahaga. Di luaranpun banyak sekali pedagang makanan dadakan yang menjajakan aneka kue dan es. Memang lebih praktis membeli, namun, apa salahnya jika kita bikin sendiri. Selain ekonomis, kebersihan dan kesehatan makanan juga terjaga.

Kali ini saya ingin membagi tips merebus kacang hijau agar cepat empuk dan hancur. Kacang hijau yang keras susah menjadi empuk saat direbus. Tapi kita bisa coba trik ini.

1. Cuci bersih kacang hijau dan siangi dari kacang hijau yang kopong/tidak berisi.
2. Langkah selanjutnya, rebus kacang hijau dengan api sedang saja selama kurleb 1/4 jam.
Mengapa harus direbus dulu sebelum direndam? Karena saya pernah mencoba merendam kacang hijau agak lama, hasilnya saat direbus kacang hijau sulit untuk empuk, seperti tekstur kecambah. Mungkin perendaman di air dingin menyebabkan kacang hijau tumbuh.
3. Setelah direbus, diamkan terendam sekitar 3-4 jam agar kacang hijau mengembang dan empuk.
4. Buang rebusannya, ganti dengan air bersih. Rebus dengan api besar sekitar 20 menit, 5 menit terakhir aduk aduk kacang hijau agar cepat hancur.

Nah inilah  tips merebus kacang hijau agar cepat empuk dan hancur. Bisa bunda coba di rumah, niscaya hasilnya memuaskan. Selamat mencoba membuat bubur kacang hijau..

No comments:

Post a Comment