Tuesday, May 2, 2017

Tips Menyimpan Bumbu Agar Tahan Lama

Bumbu merupakan salah satu kunci kelezatan hidangan, sehingga kualitas bumbu sangat diutamakan. Namun terkadang cara penyimpanan yang salah membuat bumbu cepat membusuk, berjamur, dan tidak layak lagi untuk dipakai. Nah, berikut beberapa tips menyimpan bumbu sesuai dengan jenisnya



1. Bawang-bawangan
    Jenis bawang bawangan membutuhkan tempat yang kering dan udara terbuka. Hindarkan dari sinar matahari langsung dan udara lembab sebab bisa memacu pertumbuhan tunas.
2. Daun-daunan
    Daun daunan seperti salam dan daun jeruk perlu kelembaban khusus untuk menjada agar tidak layu atau kering. Bungkus daun dengan kertas dan masukkan ke kantung plastik, lalu diikat rapat.
 3. Rimpang
     Lengkuas, kunyit, jahe dan sejenisnya membutuhkan tempat kering dan gelap. Jika disimpan dalam lemari pendingin sebaiknya dibungkus dabulu dengan kertas, masukan ke kantong plastik, baru dimasukkan ke lemari pendingin.
4. Bumbu giling kering
    Bumbu bubuk disimpan dalam wadah kedap udara sebelum disimpan, baik di lemari pendingin atau tidak. Kelembaban yang tinggi akan membuat bumbu kering mudah menggumpal.
5. Bumbu matang/ sudah ditumis
 Bumbu yang sudah dihaluskan dan ditumis dengan minyak bisa disimpan hingga 2-3 hari dalam wadah kedap udara, lalu masukkan ke lemari pendingin.
6. Jangan mencampur bumbu beraneka macam dalam satu wadah.
Buah-buahan atau bahan makanan tertentu kadang memiliki kandungan zat yang bisa berpengaruh satu sama lain. Misalnya pada bawang bawangan yang tinggi hormon pertumbuhan. Jika bawang disimpan bersama kentang maka kentang akan cepat betunas.

Nah, mudah dipraktekkan ya...

Baca Juga:Tips Memasak Sayur Santan



No comments:

Post a Comment