Thursday, May 11, 2017

Cara Membuat Krekel (Nasi dari Singkong)

Nasi krekel atau nasi oyek adalah makanan pengganti beras untuk sebagian penduduk Yogyakarta dan  Jawa Tengah, terutama di bagian selatan. Krekel dibuat dari singkong yang direndam selama beberapa hari kemuadian digiling dan dijemur. Krekel sendiri saat ini mulai diminati oleh berbagai kalangan, meskipun pada awalnya oyek dikenal sebagai "makanan orang miskin" karena menjadi alternatif saat musim paceklik. Krekel sekarang banyak dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus karena mengandung kadar gula yang rendah dan berserat tinggi. Selain itu, juga mengandung pati resistan yang rendah gula tetapi bisa menghasilkan tenaga. Kali ini akan saya uraikan bagaimana cara membuat nasi krekel sendiri.

Pertama, kita siapkan
2 kg singkong, dikupas lalu cuci bersih
4 lt air untuk merendam

Selanjutnya, siapkan wadah, rendam singkong dalam air selama 3 hari, hingga singkong menjadi lunak dan agak berbau asam. Setelah 3 hari, keluarkan singkong dari rendaman, lalu diamkan 1 malam dengan ditutupi daun pisang untuk menghilangkan bau asam.

Langkah ketiga, tumbuk singkong dengan lumpang sampai halus, ayaki dengan ayakan krekel yang dibuat dari bambu, sehingga terbentuk bulatan kecil kecil.

Ayakan dari bambu (irig)

Langkah keempat adalah menjemurnya di bawah sinar matahari selama 3 hari berturut turut.

Langkah terakhir, kukuslah oyek tersebut selama 20-30 menit.

Oyek dapat disajikan dengan parutan kelapa atau sayur teri,
Selamat mencoba..

No comments:

Post a Comment