Wednesday, April 4, 2018

Tips Membersihkan Area Kompor



Area sekitar kompor merupakan tempat yang paling sering terkena kotoran saat memasak. Jika tidak rajin dibersihkan, akan meninggalkan bekas yang sulit dibersihkan seperti karat, atau sekedar cipratan minyak goreng yang menempel. Kalau sudah kotor seperti ini rasanya jadi berat untuk membersihkan. Sebenarnya ada cara supaya mudah dalam membersihkan area kompor. Tips ini bisa Anda coba.

1. Untuk noda cipratan minyak dan masakan, larutkan cairan pencuci piring dengan air. Dengan menggunakan spons pencuci piring, usap bagian yang terkena minyak. Bilas spons dengan air, lalu usapkan lagi ke bagian yang sudah dilap tadi. Lakukan beberapa kali tergantung tingkat kekotorannya.

2. Untuk noda karat pada perabot krom, campurkan 1 sdm air jeruk nipis dengan 1/2 sdm garam atau soda kue. Usapkan larutan ini pada material yang berkarat tadi lalu diamkan 15-20 menit. Setelah itu, keringkan permukaan tersebut dengan spons pencuci piring. Ulangi langkah tersebut untuk hasil maksimal. Membersihkan peralatan berbahan krom dengan rutin dapat membantu mengurangi kemungkinan berkarat sehingga perabot akan lebih awet.


3. Kompor yang meninggalkan jelanga/bekas hitam pada perabot dapur. Terkadang kompor gas yang sudah lama digunakan terutama untuk menggoreng akan berubah nyala apinya dari biru menjadi orange atau kekuningan.
Ilustrasi gambar burner
 Selain itu, perabot dapur yang dipakai untuk memasak juga akan menghitam oleh jelanga. Untuk mengatasinya, buka mahkota apinya (burner) maka akan terlihat kotoran hitam yang menempel. Anda bisa menggunakan kuas yang kaku atau gagang sendok untuk mengeruk kotoran yang menempel. Setelah itu, bersihkan dengan kain. Pasang kembali mahkota api ada tempatnya. Kompor akan menyala biru lagi dan perabotpun bersih.



No comments:

Post a Comment